Anggota dan Pengurus Afanin pada Pameran Khat Internasional. (dok. pribadi)

icmiorsatcairo.com – Kairo. Asosiasi Kaligrafer Arab Murni Indonesia (Afanin ICMI) kembali harumkan nama Indonesia. Kali ini dalam bidang seni kaligrafi arab. Tercatat sedikitnya lima karya dari lima mahasiswa Indonesia yang masuk dalam Pameran Khat International di Zamalek, Kairo. Pameran ini merupakan kali kelima diadakan, dan tahun ini digelar dalam kurun waktu 4-15 Maret 2020. Ini dia 5 karya mahasiswa Indonesia di taraf Internasional.

Karya anggota Afanin, Athar Afif, di Pameran Internasional. (dok. pribadi)

Athar Afif
Bertuliskan sebuah hadis tentang niat, karya Athar Afif berhasil lolos seleksi dan masuk dalam rentetan karya-karya terbaik. Wah hebat ya bisa membuat lukisan khat seperti itu.

Alfiyanto, seorang anggota ICMI Kairo yang karyanya masuk pameran khat internasional. (dok. pribadi)

Alfiyanto Ramadhan
Anggota yang juga merupakan Ketua 2 Afanin ICMI juga menunjukkan dirinya. Sosok Ketua 2 yang juga menjadi teladan bagi anggotanya ini seringkali mengikuti pameran bertaraf Internasional dan memenangi berbagai macam lomba. Ini baru pemimpin yang menjadi panutan dan contoh anggotanya.

Anggota Afanin ICMI, Ikhlasul Fajar, yang karyanya lolos seleksi Pameran Internasional. (dok. pribadi)

Ikhlasul Fajar
Pemuda yang juga merupakan anggota Afanin ICMI ini juga tak mau kalah. Terbukti karyanya juga masuk dalam Pameran Khat Internasional. Terlihat sederhana, tapi tidak banyak yang bisa membuat karya sebaik ini. Terbukti Fajar bisa menunjukkan bahwa karyanya layak masuk ke kancah Internasional.

Rifka Faiza, Mahasiswi Indonesia yang Karyanya Mewakilkan ICMI di Mesir

Rifka Faiza
Karya Afanin ICMI masih bertebaran, kali ini datang dari seorang perempuan yang berhasil membuktikan karyanya layak masuk kancah Internasional. Terlihat dalam gambar, karyanya berbentuk lingkaran yang dikelilingi oleh tulisan Arab. Yang membuat tercengang, karyanya terlihat sangat simetris seperti cermin yang jika diputar akan selalu sama, wah hebat ya?

Ummu, Seorang Anggota Afanin yang Karyanya Mengharumkan Nama Indonesia di Mesir. (dok. pribadi)

Ummu Maghfiroh
Karya terakhir dari anggota Afanin ICMI datang dari seorang perempuan. Berangkat dari semangat melestarikan sumber dalil Islam, Ummu melukis sebuah hadis Nabi dan meletakkannya dalam sebuah karya indah.

Itulah lima karya dari lima anggota Afanin ICMI. Ingin berlatih dan bisa menjadi seperti mereka? Ikuti perkembangan terbaru tentang perekrutan, jadwal latihan, dan lainnya di media sosial ICMI Kairo. Klik follow dan pantau terus Instagram dan Twitter di alamat @icmicairo. (js/icmicairo)

Share This