Alfiyanto, anggota Afanin yang Karyanya Masuk Pameran Internasional. (dok. pribadi)

icmiorsatcairo.com – Kairo. Afanin (Asosiasi Kaligrafer Arab Murni Indonesia) ICMI kembali catatkan prestasi. Karya dari salah satu anggota yang juga merupakan Ketua 2 Afanin, Alfiyanto Ramadhan, masuk pada perhelatan Pameran Khat Internasional di Kairo. Ini bukan pertama kalinya bagi mahasiswa Indonesia bisa masuk dalam pameran bertaraf Internasional.

Pamflet Pameran Khat Internasional.

Pameran Khat Internasional ini diadakan mulai tanggal 4-15 Maret 2020 di Zamalek, Kairo. Peserta dari pameran ini datang dari kaligrafer seluruh dunia. Alfiyanto, ketika dihubungi oleh redaksi menyampaikan bahwa dia bersyukur bisa ikut meramaikan pameran ini dan bisa membawa nama Indonesia.

“Alhamdulillah, karya saya bisa masuk pameran ini. Semoga kawan-kawan lain bisa termotivasi untuk terus berlomba dalam kebaikan.”

Afanin ICMI merupakan asosiasi di kalangan mahasiswa Al-Azhar yang bergerak di bidang seni, khususnya kaligrafi. Tercatat sampai saat ini anggota aktif mencapai lebih dari 120 orang. Afanin juga rutin melaksanakan pelatihan khat tiga kali dalam satu pekan untuk terus melatih kemampuan khat mereka.

Anggota dan Pengurus Afanin pada Pameran Khat Internasional. (dok. pribadi)

Dalam pelatihannya, Afanin ICMI mengadopsi sistem belajar Hamidiy, yang mana jika ingin menuntaskan satu khat minimal ditempuh selama satu sampai satu setengah tahun. (js/icmicairo)

Share This