Icmiorsatcairo.com—CNN memecat Marc Lamont Hill pada hari Kamis setelah kontributor senior tersebut membuat komentar bernada kritik tentang Israel kepada para pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) selama pidatonya di PBB. Tulis Eli Rosenberg, wartawan Independent.co.uk pada Jumat 30 November 2018.

Hill, seorang profesor studi media di Temple University, telah menarik perhatian karena menyerukan “Palestina merdeka dari sungai sampai lautnya.” Kata-kata itu spontan mengundang reaksi kecaman dari beberapa pendukung Israel, mereka mengatakan bahwa pernyataan seperti itu menggambarkan seolah-oleh Hill sedang menggemakan bahasa yang digunakan oleh Hamas dan kelompok lain yang berusaha untuk melawan dan mengaburkan sejarah tentang Israel di Palestina.

Sementara itu perusahaan CNN sebagai media tempat ia bekerja tidak menjawab pertanyaan tentang mengapa ia diberhentikan seperti dikutip dari The Washington Post.

Paska kecaman tersebut, Hill menuliskan tweet di akun Twitter pribadinya dan mengatakan bahwa pidatonya di PBB tersebut bukan berarti ia anti-Semitismenya dan orang-orang Yahudi.

“Saya mendukung kebebasan Palestina. Saya mendukung penentuan nasib sendiri Palestina. Saya sangat kritis terhadap kebijakan dan praktik Israel. Saya tidak mendukung anti-Semitisme, membunuh orang Yahudi, atau hal-hal lain yang dikaitkan dengan pidato saya. Saya telah mengirim hidup saya untuk melawan hal-hal ini.” Tulis pemilik akun @marclamonthill tersebut pada Kamis 29 November 2018. [AFA]

Source : Independent.co.uk

Share This